Pendekatan SETS (Science, Environtment, Technology, Society) - Hakikat
pendekatan pembelajaran SETS pada dasarnya merupakan suatu pendekatan
pembelajaran yang terpadu yang melibatkan unsur sains, teknologi, lingkungan
dan masyarakat. Pada pendekatan ini , peserta didik ditumbuhkan kesadarannya
tentang keterkaitan antara unsur-unsur SETS tersebut dan mengkondisikan peserta
didik agar mau dan mampu menerapkan prinsip sains untuk menghasilkan karya teknologi
sederhana, diikuti dengan pengembangan pemikiran kritis terhadap kemungkinan
munculnya dampak negatip dari produk teknologi terhadap lingkungan dan
masyarakat.
Secara umum dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran SETS
memiliki makna pengajaran sains yang dikaitkan dengan unsur lain dalam
SETS, yakni lingkungan teknologi, dan masyarakat. Sains tidak berdiri
sendiri di masyarakat karena keterkaitan dan ketergantungannya pada
unsur-unsur tersebut. Dalam konteks SETS, perkembangan sains dianggap
dipengaruhi oleh perubahan pada lingkungan, teknologi, juga kepentingan
serta harapan masyarakat. Pada saat yang sama hendaknya dipahami bahwa
perkembangan sains itu sendiri juga memiliki pengaruh kepada
perkembangan teknologi, masyarakat serta lingkungan.
Pembelajaran SETS, tak hanya memperhatikan isu masyarakat dan lingkungan yang telah ada dan mengaitkannya dengan unsur lain, akan tetapi juga pada cara melakukan sesuatu untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan itu yang memungkinkan kehidupan masyarakat serta kelestarian lingkungan terjaga sementara kepentingan lain terpenuhi.
Itulah sebabnya kenapa pembelajaran SETS memberi perhatian tinggi pada keterkaitan serta keterpaduan antar keempat unsur SETS beserta urutannya. Dalam arti untuk membuat konsep sains berguna dalam teknologi untuk memenuhi keperluan masyarakat, maka akibatnya pada lingkungan perlu mendapat perhatian utama.
Apabila akibat pada lingkungan (baik fisik maupun mental) sangat tidak menguntungkan, pembelajaran SETS tak menganjurkan penggunaan konsep sains itu diteruskan ke bentuk teknologi yang dimaksud. Sebaliknya apabila transformasi sains ke teknologi tersebut dianjurkan untuk diteruskan guna memenuhi kepentingan masyarakat dalam konteks SETS, unsur lingkungan merupakan filter dari unsur S (sains) untuk diubah menjadi T (teknologi) dalam memenuhi kepentingan M (masyarakat).
Penjelasan di atas merupakan kelebihan secara umum, adapun kelebihan secara khusus dibandingkan dengan pendekatan lain, pendekatan SETSpeserta didik mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan menghasilkan bentuk teknologi yang sederhana serta memperhatikan dampak negatip dan positif.
Pembelajaran SETS, tak hanya memperhatikan isu masyarakat dan lingkungan yang telah ada dan mengaitkannya dengan unsur lain, akan tetapi juga pada cara melakukan sesuatu untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan itu yang memungkinkan kehidupan masyarakat serta kelestarian lingkungan terjaga sementara kepentingan lain terpenuhi.
Itulah sebabnya kenapa pembelajaran SETS memberi perhatian tinggi pada keterkaitan serta keterpaduan antar keempat unsur SETS beserta urutannya. Dalam arti untuk membuat konsep sains berguna dalam teknologi untuk memenuhi keperluan masyarakat, maka akibatnya pada lingkungan perlu mendapat perhatian utama.
Apabila akibat pada lingkungan (baik fisik maupun mental) sangat tidak menguntungkan, pembelajaran SETS tak menganjurkan penggunaan konsep sains itu diteruskan ke bentuk teknologi yang dimaksud. Sebaliknya apabila transformasi sains ke teknologi tersebut dianjurkan untuk diteruskan guna memenuhi kepentingan masyarakat dalam konteks SETS, unsur lingkungan merupakan filter dari unsur S (sains) untuk diubah menjadi T (teknologi) dalam memenuhi kepentingan M (masyarakat).
Kelebihan
pembelajaran SETS
- Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan peserta didik
- Kegiatan yang dipilih sesuai dengan keinginan peserta didik
- Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan bertahan lebih lama.
- Pendekatan SETSmenumbuhkembangkan keterampilan berpikir peserta didik.
- Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan peserta didik
- Menumbuhkembangkan keterampilan sosial peserta didik seperti kerjasama, toleransi, komunikasidan respek terhadap gagasan terhadap orang lain.
Penjelasan di atas merupakan kelebihan secara umum, adapun kelebihan secara khusus dibandingkan dengan pendekatan lain, pendekatan SETSpeserta didik mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan menghasilkan bentuk teknologi yang sederhana serta memperhatikan dampak negatip dan positif.
Kekurangan
Pembelajaran SETS
- Aspek guru; Guru harus berwawasan luas, memiliki kreativitas tinggi, keterampilan metodologis yang handal.
- Aspek peserta didik; bila peserta didik tidak aktif, penerapan pendekatan SETStidak efektif.
- Aspek kurikulum; kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman pada peserta didik (bukan pada pencapaian target penyampaian materi). Guru diberi kewenangan untuk mengembangkan materi metode, penilaian keberhasilan pembelajaran peserta didik.
- Suasana pembelajaran; pembelajaran dengan pendekatan SETS berkecenderungan mengutamakan salah satu bidang kajian. Materi tertentu saja yang dapat di SETS kan.
0 Comment to "Pendekatan SETS (Science, Environtment, Technology, Society)"
Post a Comment