Metode Pembelajaran Quantum Teaching Learning - Quantum Teaching adalah panduan praktis dalam
mengajar yang berusaha mengakomodir setiap bakat
siswa atau dapat menjangkau setiap siswa. Metode ini
sarat dengan penemuan-penemuan terkini yang
menimbulkan antusiasme siswa. Quantum Teaching menjadikan ruang-ruang kelas ibarat sebuah konser musik
yang memadukan berbagai instrumen sehingga tercipta
komposisi yang menggerakkan dari keberagaman
tersebut. Sebagai guru yang akan mempengaruhi
kehidupan murid, anda seolah-olah memimpin konser saat
berada di ruang kelas.
Dasar Pembelajaran Quantum
Pembelajaran Quantum sesungguhnya merupakan ramuan atau rakitan dari
berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman
neurology/neurologistik yang jauh sebelumnya sudah ada
Karakteristik Umum
Pembelajaran Quantum memiliki karakteristik umum yang dapat memantapkan dan menguatkan sosoknya. Karakteristik umum yang tampak membentuk sosok pembelajaran quantum sebagai berikut :
- Pembelajaran quantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep quantum dipakai.
- Pembelajaran quantum lebih bersifat kontruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau natifistis.
- Pembelajaran quantum lebih bersifat konstruktivis (tis), bukan positivistis-empiris, behaviorsistis.
- Pembelajaran quantum memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna, bukan sekedar transaksi makna.
- Pembelajaran quantum sangat menekankan pada pemercepatan pembelajaran dengan taraf keberhasilan yang tinggi.
- Pembelajaran quantum sangat menekankan kealamiahan dan kewajaran proses pembelajaran, bukan keartifisalan atau keadaan yang dibuat-buat.
- Pembelajaran quantum sangat menekankan kebermaknaandan kebermutuan proses pembelajaran.
- Pembelajaran quantum memiliki model yang memadukan koteks dan ini pembelajaran.
- Pembelajaran quantum memusatkan perhatian pada pembentukan ketrampilan akademis, ketrampilan dalam hidup dan prestasi fisikal atau material.
- Pembelajaran quantum menempatkan nilai dan keyakinan sebagai bagian penting proses pembelajaran.
- Pembelajaran quantum mengutamakan keberagaman dan kebebasan bukan keseragaman dan ketertiban.
- Pembelajaran quantum mengintegrasikan totalitas tubuh dan pikiran dalam proses pembelajaran.
Prinsip dapat berarti (1) aturan aksi atau perbuatan yang diterima
atau dikenal dan (2) sebuah hukum, aksioma, atau doktrin fundamental.
- Prinsip pembelajaran quantum berbunyi : bawalah dunia mereka (pembelajar) kedalam dunia kita (pengajar), dan antarkan dunia kita (pengajar) ke dalam dunia mereka (pembelajar).
- Dalam pembelajaran quantum juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orkestra simfoni.
Prinsip-prinsip dasar ada lima macam berikut ini :
- Ketahuilah bahwa semuanya berbicara
- Ketahuilah bahwa semuanya bertujuan
- Sadarilah bahwa pengalaman mendahului penamaan
- Akuilah setiap usaha yang dilakukan dalam pembelajaran
- Sadarilah bahwa sesuatu yang layak dipelajari layak pula dirayakan segala sesuatu yang layak dipelajari oleh pembelajar sudah pasti layak pula dirayakan keberhasilannya.
Tujuh kunci keunggulan quantum :
- Terapkanlah hidup dalam integritas, Dalam pembelajaran bersikaplah apa adanya, tulus, dan menyeluruh yang lahir ketika nilai-nilai dan perilaku kita menyatu.
- Akuilah kegagalan dapat membawa kesuksesan, Dalam pembelajaran, kita harus mengerti dan mengakui bahwa kesalahan atau kegagalan dapat memberikan informasi kepada kita yang diperlukan untuk belajar lebih lanjut sehingga kita dapat berhasil.
- Berbicaralah dengan niat baik, Dalam pembelajaran, perlu dikembangkan ketrampilan berbicara dalam arti positif dan bertanggung jawab atas komunikasi yang jujur dan langsung
- Tegaskanlah komitmen, Dalam pembelajaran, baik pengajar maupun pembelajar harus mengikuti visi-misi tanpa ragu-ragu, tetap pada rel yang telah ditetapkan.
- Jadilah pemilik, Dalam pembelajaran harus ada tanggung jawab. Tanpa tanggung jawab tidak akan terjadi pembelajaran yang bermakna dan bermutu.
- Tetaplah lentur, Dalam pembelajaran, pertahankan kemampuan untuk mengubah yang sedang dilakukan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
- Pertahankan keseimbangan, Dalam pembelajaran, pertahankan jiwa, tubuh, emosi dan semangat dalam satu kesatuan dan kesejajaran agar proses dan hasil pembelajaran yang efektif dan optimal.
Quantum learning adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang
telah terbukti efektif di sekolah dan bisnis bekerja untuk semua tipe
orang, dan segala usia. Quantum learning berakar dari upaya Dr. Georgi
Lozanoy, seorang penyidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen
dengan apa yang disebutnya sebagai “Suggestology” atau “Suggestopedia”.
Prinsip quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti
mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apapun memberikan
sugesti positif maupun negatif.
Quantum learning mencakup aspek-aspek penting dalam program
neurologistik (NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak
mengatur informasi. Quantum learning adalah gabungan yang sangat
seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan
eksternal, dan antara waktu yang dihabiskan di dalam zona yang aman.
Beberapa Petunjuk Dalam Quantum Learning
- Melihat sekilas, Sebelum membaca, lihat materi bacaan secara sekilas pada malam sebelumnya, dan lihat kembali catatan sebelum memulai pelajaran di sekolah atau melakukan presentasi.
- “Inilah saatnya”, Manfaatkanlah setiap waktu, jadikan semua subjek menarik dan bersikap kreatif.
- Tempat belajar, Belajarlah ditempat pada waktu yang teratur. Atur posisi yang baik dan gunakan pencahayaan yang tepat.
- Gunakan musik
- Istirahat
- Rencanakan sebelumnya
- Berdiri dan duduk dengan tegak
- Kegagalan adalah umpan balik
- Sikap
0 Comment to "Metode Pembelajaran Quantum Teaching Learning"
Post a Comment