Sunday 5 July 2015

Model Pembelajaran Jigsaw


Model Pembelajaran Jigsaw – Berbicara tentang model pembelajaran yang efektif pasti kita akan bertanya-tanya, seperti apakah model pembelajaran yang baik, efektif, dan efisien? Atau kita akan bertanya model pembelajaran apakah yang paling baik, efektif, efisien yang dapat dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif? Semua pertanyaan itu dapat terjawab apabila kita sudah melaksanakan dan mencoba berbagai model pembelajaran yang ada, dari situlah kita akan mendapatkan model pembelajaran yang paling baik, efektif, dan efisien untuk setiap materi baik sians maupun sosial.

jigsaw
Namun, tidak ada salahnya apabila kita mencoba salah satu model pembelajaran alternatif yang baik digunakan, model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran jigsaw. Jigsaw ini dicetuskan pertama kali oleh Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, dan Snapp pada sekitar tahun 1978. Pada awalnya Jigsaw ini digunakan untuk mengatasi pembelajaran yang monoton dan tidak efektif. Jigsaw ini menjadi model yang paling ngetren digunakan bila kita menggunakan strategi pembelajaran kooperatif.
Jigsaw sendiri sampai saat ini masih digunakan diberbagai sekolah, baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun, model pembelajaran Jigsaw yang digunakan sudah mengalami perkembangan dan modifikasi dari model pembelajaran Jigaw yang pertama kali dicetuskan.
Langkah-langkah Model Pembelajaran Jigsaw :

  1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
  2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
  3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
  5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  7. Guru memberi evaluasi
  8. Penutup
Langkah-langkah diatas merupakan langkah-langkah Jigsaw secara umum, tinggal bagaimana kita menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan materi yang akan kita sampaikan di kelas.

Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran Jigsaw"

Post a Comment