Wednesday 1 July 2015

Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran- Pembelajaran memang menjadi bahasan utama dalam salah satu topik di dunia pendidikan. Banyak para praktisi pendidikan, baik guru, maupun calon guru yang sering bertanya-tanya terkait model pembelajaran apakah yang paling efektif ?model pembelajaran apakah yang paling baik?  metode pembelajaran apakah yang paling efektif? metode pembelajaran apakah yang paling baik? strategi pembelajaran apakah yang paling efektif? strategi pembelajaran apakah yang paling baik? pendekatan pembelajaran apakah yang paling efektif?  

Semua pertanyaan itu dapat terjawab apabila kita paham akan karakteristik materi pembelajaran yang akan kita sampaikan. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang topik pembuka mengenai pendekatan-pendekatan pembelajaran. 

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Pendekatan adalah pola/cara berpikir atau dasar pandangan terhadap sesuatu. Model merupakan orientasi filosofi dari pembelajaran. Pendekatan dan model terdapat sejumlah strategi yang dapat digunakan. Sedangkan strategi adalah pola umum perbuatan gurupeserta didik di dalam perwujudan kegiatan pembelajaran.

Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif (Sanjaya, 2008:127).

Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instructional untuk suatu satuan instruksional tertentu.


Demikianlah beberapa definisi dari pendekatan pembelajaran, untuk selanjutnya kita akan mulai membahas tentang macam-macam atau jenis-jenis pendekatan pembelajaran yang terbaik yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Terima kasih anda telah membaca artikel kami tentang pendekatan-pendekatan pembelajaran, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share this

0 Comment to "Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran"

Post a Comment