Metode Learning Cycle - Slavin (2005:187) mengatakan bahwa pada
dasarnya para siswa memasuki kelas dengan
pengetahuan, ketrampilan dan motivasi yang berbedabeda dari rumah. Ketika guru memberikan suatu materi
pelajaran dalam kelas, siswa dalam menerima pelajaran
tersebut ada yang cepat dan ada yang lambat. Untuk
mengatasi masalah perbedaan kecepatan siswa dalam
menerima materi dalam kelas dapat digunakan model
pembelajaran Leaning Cycle.
LC (Learning Cycle) ,yaitu suatu model
pembelajaran yang berpusat pada pebelajar (student
centered). LC (Learning Cycle) patut dikedepankan,
karena sesuai dengan teori belajar Piaget (Renner et al,
1988), teori belajar yang berbasis konstruktivisme. Piaget
menyatakan bahwa belajar merupakan pengembangan
aspek kognitif yang meliputi: struktur, isi, dan fungsi.
Struktur intelektual adalah organisasi-organisasi mental
tingkat tinggi yang dimiliki individu untuk memecahkan
masalah-masalah. Isi adalah perilaku khas individu dalam
merespon masalah yang dihadapi. Sedangkan fungsi merupakan proses perkembangan intelektual yang
mencakup adaptasi dan organisasi (Arifin, 1995).
Ciri khas model pembelajaran LC (Learning Cycle)
ini adalah setiap siswa secara individual belajar materi
pembelajaran yang sudah dipersiapkan guru yang
kemudian hasil belajar individual dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan oleh anggota kelompok, dan
semua anggota kelompok bertanggung jawab atas
keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama.
Kelebihan model pembelajaran LC (Learning Cycle)
meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar dilibatkan
secara aktif dalam proses pembelajaran., dapat
memberikan kondisi belajar yang menyenangkan,
meningkatkan ketrampilan sosial dan aktivitas siswa,
membantu siswa dalam memahami dan menguasai
konsep-konsep fisika yang telah dipelajari melalui kegiatan
atau belajar secara berkelompok, sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Sehingga, Metode
pembelajaran LC (Learning Cycle) ini cocok diterapkan
dalam pembelajaran fisika karena dapat mengatasi
kesulitan belajar siswa secara individu untuk memahami
konsep karena lebih banyak digunakan untuk pemecahan
masalah.
0 Comment to "Metode Learning Cycle"
Post a Comment