Monday 6 July 2015

Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI)

Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) - Banyak beberapa hal yang menjadi pertanyaan kita semua terkait pembelajaran seperti: model pembelajaran efektif, model pembelajaran terbaik, model pembelajaran efektif dan efisien, model pembelajaran terbaru, model pembelajaran kurikulum 2013, model-model pembelajaran, jenis-jenis pembelajaran, macam-macam model pembelajaran, karakteristik model pembelajaran kurikulum 2013.
PBL


Untuk itu kali ini kami akan mencoba sedikit berbagi informasi terkait pertanyaan-pertanyaan tersebut, yaitu model pembelajaran problem based introduction, model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang sangat baik untuk melatih kemampuan berfikir siswa.

untuk itu dibawah adalah beberapa langkah-langkah pembelajaran based introduction yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Based Introduction (PBI) :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

Demikianlah sedikit ulasan tentang model pembelajaran Problem Based Inroduction, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih anda telah membaca artikel yang berjudul Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) 

Silahkan berlangganan melalui emai untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru dari kamu secara penuh dan gratis.


Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI)"

Post a Comment