Friday 3 July 2015

Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur

Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur -  Pada kesempatan kali ini kami akan kembali berbagi tentang salah satu model pembelajaran alternatif dan efektif yaitu model pembelajaran kepala bernomor terstruktur. Model ini dapat dikatakan sebagai pengembangan dari model pembelajaran kepala bernomor. Banyak dari beberapa guru yang telah mencoba menerapkan model ini dan mendapatkan hasil yang cukup baik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

model belajar


Langkah-langkah model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur adalah:

  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
  3. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain.  Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
  4. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
  5. Kesimpulan
Itulah langkah-langkah sederhana yang dapat digunakan dalam menerapkan model pembelajaran kepala bernomor terstruktur ini. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba salah satu model pembelajaran alternatif ini.

Demikian sediit gambaran mengenai model pembelajaran alternatif yaitu model pembelajaran kepala bernomor terstruktur, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami dan terima kasih anda telah membaca artikel kami tentang model pembelajaran kepala bernomor terstruktur.


Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur"

Post a Comment