Tuesday 7 July 2015

Metode Pembelajaran Panel

Metode Pembelajaran Panel - Metode Panel yaitu cara pembahasan suatu masalah melalui suatu kegiatan diskusi yang dilakukan oleh beberapa ahli dari berbagai keahlian dihadapi oleh warga belajar.

diskusi panel

Tata Cara Pelaksanaan Diskusi Panel

Langkah Persiapan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam langkah persiapan adalah :
  1. Merumuskan tujuan
  2. Menetapkan topik masalah
  3. Menyusun Laporan Diskusi Panel
  4. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis  pelaksanaan diskusi,
Pelaksanaan Diskusi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan metode pembelajaran diskusi adalah:
  1. Memeriksa segala persiapan
  2. Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi
  3. Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan
  4. Mengajukan Pertanyaan dalam Diskusi
  5. Menyampaikan Gagasan dalam Diskusi
  6. Mengemukakan Gagasan Secara Jelas dan Mudah Diikuti
  7. Memberikan Kritikan dan Dukungan dalam Diskusi
  8. Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk mengeluarkan gagasan dan ide-idenya
  9. Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas.
Menutup Diskusi
  1. Membuat pokok pembahasan sebagai kesimpulan
  2. Menilai jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh peserta.
  3. Menyusun Laporan Diskusi Panel.

Kekurangan dan Kelebihan Metode Pembelajaran Panel

Kelebihan-kelebihan dari Diskusi Panel
  1. Memberikan kesempatan kepada pendengar untuk mengikuti berbagai pandangan sekaligus.
  2. Biasanya dalam diskusi panel timbul pro dan kontra pandangan, semakin sengit pro dan kontra, maka diskusi akan semakin menarik untuk diikuti.
  3. Dalam diskusi panel, kelompok yang melakukan diskusi akan berhati-hati dalam mengajukan pandangan atau mengemukakan pendapat, karena menyadari akan dapat langsung digugat atau dibantah.
  4. Peserta yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang lebih dalam hal yang didiskusikan dapat menyampaikan pandangan.
Kekurangan-kekurangan dari Diskusi Panel
  1. Diskusi panel menjadi tidak menarik apabila semua peserta waswas untuk menyampaikan pandangan secara terus terang dan semua peserta merasa sungkan untuk berbeda pandangan. Agar tidak terjadi rasa was-was saat akn berpendapat, sebaiknya mengetahui apa yang dibicrakan oleh pembicara lain secara terperinci. Sehingga kalau kita mempunyai perbedaan pendapat dengan sipembicarakita tidak akan mersa takut terhadap pendapat kita.
  2. Suasana dalam diskusi panel akan menjadi pincang atau tidak seimbang apabila ada peserta yang jauh lebih tangkas dalam menyampaikan daripada yang lainnya. Diskusi panel tidak menjadi seimbang kalau yang berpendapat hanya orang itu – itu saja. Dan sebaiknya para peserta ikut andil dalam berpendapat.
  3. Ada kalanya moderator terpaksa harus berusaha membuat kesimpulannya sendiri dan menyampaikannya dalam diskusi itu. Jika terjadi perbedaan pendapat diantara para peserta maka moderator harus mengambil kesimpulan.
  4. Harus memilih moderator yang berani dan mampu turun tangan untuk menyelamatkan diskusi agar jangan sampai pincang atau berat sebelah. Jika terjadi perdebatan antara para peserta. Maka, moderator harus turun tangan untuk mengambil kesimpulan tersebut.
  5. Ada kemungkinan terjadinya “pencemaran nama baik” dalam diskusi panel.

Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Panel"

Post a Comment