Sunday, 5 July 2015

Metode Pembelajaran Diskusi Umum

Metode Pembelajaran Diskusi Umum - Metode ini bertujuan untuk tukar menukar gagasan, pemikiran, informasi/pengalaman diantara peserta, sehingga dicapai kesepakatan pokok-pokok pikiran (gagasan, kesimpulan). Untuk mencapai kesepakatan tersebut, para peserta dapat saling beradu argumentasi untuk meyakinkan peserta lainnya.
diskusi


Kesepakatan pikiran inilah yang kemudian ditulis sebagai hasil diskusi. Diskusi biasanya digunakan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penerapan berbagai metode lainnya, seperti: penjelasan (ceramah), curah pendapat, diskusi kelompok, permainan, dan lain-lain. 

Langkah-langkah melaksanakan metode diskusi umum adalah sebagai berikut:
  1. Menyampaikan tujuan dan mengatur setting 
  2. Mengarahkan diskusi 
  3. Menyelenggarakan diskusi
  4. Mengakhiri diskusi 
  5. Melakukan tanya-jawab singkat tentang proses dikusi itu Guru menyampaikan tujuan diskusi dan menyiapkan siswa untuk berpartisipasi.

Kelebihan dan kelemahan metode Diskusi Kelas adalah sebagai berikut. 

Kelebihan

Kelebihan Metode Diskusi Menurut Arief. A. (2002:21), disebutkan bahwa diantara keunggulan metode diskusi adalah antara lain :

  • Suasana kelas lebih hidup, sebab siswa mengarahkan perhatian atau pikirannya kepada masalah yang sedang didiskusikan
  • Dapat menaikan prestasi kepribadian individu, seperti: sikap toleransi, demokrasi, berpikir kritis, sistematis, sabar dan sebagainya.
  • Kesimpulan hasil diskusi mudah dipahami siswa, karena mereka mengikuti proses berpikir sebelum sampai kepada suatu kesimpulan.
  • Siswa dilatih untuk mematuhi peraturan d an tata tertib layaknya dalam suatu musyawarah.
  • Membantu murid untuk mengambil keputusan yang lebih baik.
  • Tidak terjebak kedalam pikiran individu yang kadang-kadang salah, penuh prasangka dan sempit. 
 
Kelemahan Kelemahan Metode Diskusi Menurut Roetiyah N.K. (1988:23), bahwa kelemahan penggunaan metode diskusi antara lain :

  • Membutuhkan banyak waktu, karena banyaknya sudut pandangan berbeda.
  • Dalam diskusi menghendaki pembuktian logis, yang tidak terlepas dari fakta-fakta; dan tidak merupakan jawaban yang hanya dugaan atau coba-coba saja.
  • Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
  • Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal.
  • kadang-kadang ada siswa yang memonopoli pembicaraan, dan ada pula siswa yang pasif.


Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Diskusi Umum"

Post a Comment