Thursday 9 July 2015

Model Pembelajaran Mind Maping

Model Pembelajaran Mind Maping – Model pembelajaran merupakan bentuk dari sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran yang menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Model pembelajaran terdiri dari berbagai jenis dan macam-macam model. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran kita tidak mesti harus menggunakan semua model pembelajaran yang ada. Kita harus pandai dalam meramu dan memilih model pembelajaran yang eketif, efisien, dan strategis yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik kita.

mind maping



Banyak sekali model-model pembelajaran yang berkembang saat ini. Salah satunya adalah model pembelajaran mind maping. Model pembelajaran mind maping ini lebih tepatnya adalah bagaimana mengkonstruk pengetahuan dan pemahaman siswa melalui suatu hierarki atau skema-skema tertentu yang merujuk pada suatu tujuan yang ingin dicapai. 


Model pembelajaran mind maping ini sangat baik digunakan pada mata pelajaran yang mengandalkan logika untuk mendiskripsikan atau mengungkapkan kembali suatu fenomena atau konsep yang ada melalui skema sederhana yang mudah diingat.


Beberapa langkah-langkah dalam melaksanakan model pembelajaran mind maping adalah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
  3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
  4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
  5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
  6. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru

Kelebihan dari model pembelajaran mind maping adalah:

Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban.

Kelemahan dari Model Pembelajaran Mind Maping adalah:

Sangat sulit bagi siswa yang tidak terbiasa dalam merumuskan sutu konsep melalui sebuah skema, sehingga akan ada beberapa siswa yang teringgal dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Demikianlah beberapa informasi terkait Model Pembelajaran Mind Maping. Semoga informasi yang sedikit ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan terima kasih anda telah membaca artikel kami yang berjudul Model pembelajaran Mind Maping.



Tag Terkait:

Macam-macam model pembelajaran, pengertian model pembelajaran, model pembelajaran efektif, model pembelajaran terbaik, model pembelajaran siswa sma, smp, sd, model pembelajaran abad 21, perbedaan model, metode, strategi, dan pendekatan, jenis model pembelajaran, contoh model pembelajaran, contoh model pembelajaran kurikulum 2013, model pembelajaran mind maping untuk sma, pengertian mind maping, kelebihan dan kekurangan mind maping, kemampuan mind maping, teknik pelaksanaan mind maping.

Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran Mind Maping"

Post a Comment