Thursday 9 July 2015

Metode Pembelajaran Active Learning

Metode Pembelajaran Active Learning - Pembelajaran aktif (active learning) adalah suatu proses pembelajaran untuk memberdayakan peserta didik agar belajar dengan menggunakan berbagai cara/strategi secara aktif. 

active learning


Pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di samping itu pembelajaran aktif (active learning) juga dimaksudkan untuk menjaga perhatian siswa/anak didik agar tetap tertuju pada proses pembelajaran. 

Langkah – Langkah Active Learning :

  1. Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa : guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa. Tujuan belajar yang disampaikan adalah untuk membuat bisnis plan.
  2. Menyajikan informasi : guru menyampaikan penjelasan umum tentang bisnis plan.
  3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok :guru membagikan kartu berisi informasi tentang bisnis plan.
  4. Membimbing kelompok bekerja dan belajar : guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
  5. Evaluasi : guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi, guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari
  6. Memberikan penghargaan : guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang terbaik sesuai dengan kriteria guru.

Sehingga secara umum active learning adalah bagaimana kita menerapkan suatu metode pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dalam menemukan pengalaman belajar mereka aktif dalam membangun pengetahuan mereka sendiri, sehingga pengalaman belajar mereka menjadi lebih bermakna dan dapat meningkatkan kefektifan tujuan pembelajaran yang telah kita rancang sebelumnya.





Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Active Learning"

Post a Comment