Thursday 2 July 2015

Strategi Pembelajaran Direct Instructional

Strategi Pembelajaran Direct Instructional - Strategi pembelajaran yang satu ini merupakan strategi pembelajaran yang sudah sejak lama diterapkan oleh para pendidik di dunia pendidikan. Strategi ini dilakukan secara langsung untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Dalam tahapan awal strategi ini dimana ketika seorang peserta didik baru pertama kali dalam memulai sebuah proses pembelajaran maka strategi ini sangat pas untuk digunakan. Karena salah satu karakteristik strategi ini adalah bahwa seorang guru akan mempunyai peran utama dalam jalannya pembelajaran atau dapat diartikan bahwa seorang guru harus aktif dalam menyampaikan materi-materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Strategi ini memang banyak digunakan, namun perlahan sudah mulai ditinggalkan karena cenderung membuat siswa menjadi tidak aktif.

strategi pembelajaran


Seorang guru juga dapat menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung. Dalam strategi pembelajaran ini pembelajaran lebih dipusatkan pada peserta didik. Dan seorang tenaga pendidik memiliki peranan sebagai fasilitator yang mengondisikan dan mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Strategi pembelajaran seperti ini dapat diterapkan oleh tenaga pendidik pada peserta didik yang dinilai telah mampu menjalankan peranannya.

Tenaga pendidik juga dapat mengombinasikan antara dua strategi pembelajaran di atas atau yang sering kita sebut dengan strategi pembelajaran interaktif. Di sini seorang tenaga pendidik tetap harus aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, namun ada kalanya di sela-sela pembelajaran tersebut seorang tenaga pendidik dapat membuat sebuah forum diskusi antar peserta didik dan dapat pula membuat sebuah sesi tanya jawab guna membuat para peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

pemilihan strategi pembelajaran ini harus difikirkan dengan baik dan matang. Karena, tanpa adanya strategi yang baik maka tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan menjadi sulit untuk dicapai, karena strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat vital. Banyak dari guru yang secara tidak sadar tidak memperhatikan penggunaan strategi ini, padahal strategi pembelajaran ini akan memberikan dampak yang besar bagi kebermaknaan pembelajaran peserta didik.

Semoga artikel tentang strategi pembelajaran langsung ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan Terima kasih atas kunjungan anda serta anda telah membaca artikel tentang Strategi Pembelajaran Langsung ini.

Share this

0 Comment to "Strategi Pembelajaran Direct Instructional"

Post a Comment