Thursday 2 July 2015

Metode Pembelajaran Randomization Technique

Metode Pembelajaran Randomization Technique - Metode pembelajaran memang sangat banyak variasinya, sebagai seorang yang bekerja atau fokus pada dunia pendidikan maka perlu pengetahuan yang lebih tentang macam-macam metode pembelajaran, dan dapat memilih serta menentukan metode pembelajaran yang sefektif dan efisien, dengan demikian pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Randomization Technique

salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran randomization technique. Model ini bertujuan agar semua siswa fokus memperhatikan presentasi dari salah satu temannya. Sebelumnya presenter mempresentasikan sebuah topik/materi, lalu setelah selesai presenter itu memilih secara acak kertas yang ada di dalam sebuah wadah, kertasnya telah diberi warna sesuai materi. 

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Randomization Technique:

  1. presenter mempresentasikan sebuah topik/materi 
  2. siswa secara acak dibagi kelompok berdasrkan warna 
  3. setelah selesai presenter itu memilih secara acak kertas yang ada di dalam sebuah wadah, kertasnya telah diberi warna sesuai materi. 
  4. Lalu nanti salah seorang siswa yang terpilih secara acak harus menjawab pertanyaan.

Metode ini sangat menarik untuk  diterapkan dalam sebuah pembelajaran karena sintax yang dilakukannya cukup simpel dan mudah, waktu yang dibutuhkannya juga tidak terlalu lama, sehingga pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Metode ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagi model pembelajaran yang ada.

Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Randomization Technique"

Post a Comment