Metode Pembelajaran Round Table - Pembelajaran kooperatif tipe round/ rally table
merupakan teknik menulis yang menerapkan
pembelajaran dengan menunjuk tiap-tiap anggota
kelompok untuk berpartisipasi secara bergiliran dalam
kelompoknya dengan membentuk meja bundar atau
duduk melingkar (Mccafferty, 2006:191)
Cooperative round table juga dapat menjadi sebuah strategi yang digunakan untuk
proses belajar dimana siswa akan lebih mudah menentukan secara
komprehensif konsep-konsep yang sulit jika mereka mendiskusikan
dengan siswa lainnya. Menurut pengertian definisi ini, belajar adalah suatu
pendekatan yang mencakup kelompok kecil dari siswa yang bekerja sama
sebagai suatu tim untuk memecahkan masalah, menyelesaikan suatu tugas,
atau menyelesaikan suatu tujuan bersama (Asma, 2006:11).
Cooperative round table mengandung pengertian bekerja sama dengan mencapai tujuan bersama (Hamid Hasan dan Solihatin dan Raharja, 2008:4). Dalam kegiatan Cooperative round table siswa secara individu mencari hasil yang menguntungkan bagi seluruh anggota kelompoknya. Sehubungan dengan pengertian tersebut, Slavin menyatakan bahwa “Cooperative round table adalah suatu metode pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam suatu kelompok-kelompok kecil secara kooperatif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang. 8 Model pembelajaran Cooperative round table ini menekankan pada pemberian kesempatan belajar yang lebih luas dan suasana yang kondusif kepada siswa untuk memperoleh serta mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan sosial yang bermanfaat dengan menggunakan modal Cooperative round table, siswa bukan hanya belajar dan menerima apa yang disajikan oleh guru dalam pembelajaran, melainkan dapat belajar dari siswa lainnya serta mempunyai kesempatan untuk membelajarkan siswa yang lain (Solihatin dan Raharjo, 2008:2).
Davidson dan Kroll mendefinisikan belajar Cooperative round table adalah kegiatan yang berlangsung di lingkungan belajar siswa dalam
kelompok kecil yang saling berbagi ide-ide dan bekerja secara kolaboratif
untuk memecahkan masalah-masalah yang ada dalam tugas mereka (Asma,
2006:11). Cooperative round table karena belajar memnggunakan metode Cooperative round table harus ada struktur dorongan dan tugas yang bersifat kooperatif.
Sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan
hubungan-hubungan yang bersifat interpendensi yang efektif di antara
anggota kelompok (Slavin, dalam Solihatin dan Raharjo, 2008).
Metode pembelajaran Cooperative round table bertumpu pada kerja
kelompok kecil, dengan langkah-langkah yaitu siswa dikelompokkan
dalam kelompok kecil yang heterogen dan dengan tingkat kemampuan
yang berbeda. Dalam menyelesaikan tugas, anggota saling bekerja sama
dan membantu untuk menyelesaikan tugas. Pada metode pembelajaran ini
9
siswa berdiskusi dalam kelompoknya mengenai suatu tema dan
menyamakan persepsi, dimana tiap anggota kelompok menyumbangkan
idenya sesuai dengan tema yang selanjutnya disusun suatu kesimpulan
berdasarkan hasil kolaborasi ide dari tiap-tiap anggota kelompok. Belajar
belum selesai jika salah satu teman belum menguasai bahan pembelajaran.
0 Comment to "Metode Pembelajaran Round Table"
Post a Comment