Metode Pembelajaran Beyound Center and Circle Time (BCCT) - BCCT yaitu konsep belajar dimana guru-guru
menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong
siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka
sehari-hari. Hasilnya : peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang
terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mencoba
sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam
kehidupannya sebagai anggota masyarakat sekarang dan
kelak.
Langkah-langkah pelaksanaan BCCT:
- Kelas dirancang dalam bentuk SENTRA – SENTRA missal : Sentra materi analisis perkembangan peserta didik, Sentra kreatifitas mengenai analisis perkembangan peserta didik.
- 1 guru bertanggung jawab pada 7 – 12 siswa saja dengan moving class setiap sentra dari satu sentra ke sentra lain.
- Kembangkan pemikiran bahwa Peserta didik akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya
- Kembangkan sifat ingin tahu siswa.
- Ciptakan masyarakat belajar (belajar dalam kelompok).
- Hadirkan : model
- Lakukan refleksi diakhir pertemuan
Metode pembelajaran ini dapat diterapkan pada situasi ruang kelas yang mendukung, untuk itu dalam pelaksanaannya guru harus mempersiapkan segalanya terlebih dahulu karena Metode BCCT ini apabila tidak disiapkan secara baik akan membuat waktu pembelajaran terbuang secara cuma-cuma. Oleh karena itu, metode ini tidak dapat diterapkan pada hanya saat akan melaksanakan kegiatan pembelajaran, melainkan disipakan dari beberapa waktu terlebih dahulu untuk mensetingnya.
Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang metode pembelajaran alternatif yang pada kesempatan kali ini mengenai metode pembelajaran BCCT. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
0 Comment to "Metode Pembelajaran Beyound Center and Circle Time (BCCT)"
Post a Comment