Friday 3 July 2015

Metode Pembelajaran Beyound Center and Circle Time (BCCT)

Metode Pembelajaran Beyound Center and Circle Time (BCCT) - BCCT yaitu konsep belajar dimana guru-guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hasilnya : peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mencoba sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat sekarang dan kelak. 

bcct


Langkah-langkah pelaksanaan BCCT: 

  1. Kelas dirancang dalam bentuk SENTRA – SENTRA missal : Sentra materi analisis perkembangan peserta didik, Sentra kreatifitas mengenai analisis perkembangan peserta didik. 
  2. 1 guru bertanggung jawab pada 7 – 12 siswa saja dengan moving class setiap sentra dari satu sentra ke sentra lain. 
  3. Kembangkan pemikiran bahwa Peserta didik akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya 
  4. Kembangkan sifat ingin tahu siswa.
  5. Ciptakan masyarakat belajar (belajar dalam kelompok).
  6. Hadirkan : model 
  7. Lakukan refleksi diakhir pertemuan
Metode pembelajaran ini dapat diterapkan pada situasi ruang kelas yang mendukung, untuk itu dalam pelaksanaannya guru harus mempersiapkan segalanya terlebih dahulu karena Metode BCCT ini apabila tidak disiapkan secara baik akan membuat waktu pembelajaran terbuang secara cuma-cuma. Oleh karena itu, metode ini tidak dapat diterapkan pada hanya saat akan melaksanakan kegiatan pembelajaran, melainkan disipakan dari beberapa waktu terlebih dahulu untuk mensetingnya.
 
Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang metode pembelajaran alternatif yang pada kesempatan kali ini mengenai metode pembelajaran BCCT. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Beyound Center and Circle Time (BCCT)"

Post a Comment