Monday 29 June 2015

Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala Bernomor Spencer Kagan, 1992)


Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala Bernomor Spencer Kagan, 1992) – Pada kesempatan kali ini PHYEX akan kembali memberikan sedikit informasi yang terkait dengan tentang salah satu model pembelajaran alternatif, model pembelajaran alternatif ini yaitu model Kepala Bernomor. Model pembelajaran ini dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992, sudah cukup lama memang model pembelajaran alternatif ini digunakan, namun model ini masih sangat tren digunakan oleh para guru-guru di luar negeri, model pembelajaran alternatif ini dapat dijadikan alternatif dalam variasi pembelajaran sehingga akan menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Karena pembelajaran tidak harus selalu berpusat pada papan tulis dan layar proyektor saja, melainkan dapat menggunakan media yang sederhana. 

Untuk melaksanakannya juga tidaklah sulit, berikut adalah beberapa langkah dalam melaksanakan model pembelajaran alternatif (Kepala Bernomor).

Langkah-langkah Model Pembelajaran (KEPALA BERNOMOR SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah :

1.Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6.Kesimpulan

Demikianlah sedikit gambaran tentang model pembelajaran alternatif (Model Kepala Bernomor) yang dapat kami sampaikan, semoga artikel sederhana ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih anda telah membaca artikel tentang Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala Bernomor)

Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala Bernomor Spencer Kagan, 1992)"

Post a Comment