Model Pembelajaran Alternatif
(Model Kepala Bernomor Spencer Kagan, 1992) – Pada kesempatan kali ini PHYEX akan kembali memberikan
sedikit informasi yang terkait dengan tentang salah satu model pembelajaran
alternatif, model pembelajaran alternatif ini yaitu model Kepala Bernomor.
Model pembelajaran ini dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992, sudah
cukup lama memang model pembelajaran alternatif ini digunakan, namun model ini
masih sangat tren digunakan oleh para guru-guru di luar negeri, model
pembelajaran alternatif ini dapat dijadikan alternatif dalam variasi
pembelajaran sehingga akan menciptakan pembelajaran yang bermakna dan
menyenangkan. Karena pembelajaran tidak harus selalu berpusat pada papan tulis
dan layar proyektor saja, melainkan dapat menggunakan media yang sederhana.
Untuk melaksanakannya juga tidaklah sulit, berikut
adalah beberapa langkah dalam melaksanakan model pembelajaran alternatif (Kepala
Bernomor).
Langkah-langkah
Model Pembelajaran (KEPALA BERNOMOR SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah
:
1.Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka
5.Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6.Kesimpulan
6.Kesimpulan
Demikianlah
sedikit gambaran tentang model pembelajaran alternatif (Model Kepala Bernomor)
yang dapat kami sampaikan, semoga artikel sederhana ini dapat membantu dan
bermanfaat bagi kita semua.
Terima
Kasih anda telah membaca artikel tentang Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala
Bernomor)
0 Comment to "Model Pembelajaran Alternatif (Model Kepala Bernomor Spencer Kagan, 1992)"
Post a Comment