Strategi-Strategi Pembelajaran- Dalam konteks umum strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam Konteks KBK Dikatakan sebagai pola umum yang berisi tentang seperangkat kegiatan yang dapat dijadikan pedoman (petunjuk umum) agar kompetensi sebagai tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Ciri-ciri strategi yang berpeluang bagi peserta didik untuk berperan aktif selama proses pembelajaran, antara lain:
1. Setiap tahapan kegiatan memungkinkan penggunaan berbagai macam sumber
belajar, metode, dan media pembelajaran.
2. Selama proses pembelajaran mencerminkan kegiatan belajar yang beragam
baik secara individu maupun kelompok.
3. Dalam kegiatan pembelajaran memungkinkan peserta didik belajar bekerjasama
dan saling tukar-menukar pengalaman
4. Setiap tahapan kegiatan pembelajaran memberikan pengalaman belajar
(learning experiences) yang bermakna bagi peserta didik dalam bersikap.
Utamanya kemauan dan keberaniannya untuk menjadi pernbicara sekaligus
pendengar yang baik.
5. Setiap tahapan kegiatan pernbelajaran memungkinkan bagi peserta didik untuk
menumbuhkembangkan kemampuannya dalam berpikir secara kritis, kreatif,
inovatif, dan produktif.
6. Setiap tahapan kegiatan pembelajaran memotivasi peserta didik untuk mengkaji
lebih jauh bahan-bahan yang telah dan sedang dipelajari
7' Dalam proses pembelajaran peserta didik memperoleh berbagai macam fasilitas
belajar untuk melakukan kegiatan praktik dan /atau latihan.
8. Dalam proses pembelajaran peserta didik memperoloeh kesempatan untuk
berdialog dengan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar (fisik dan sosial) secara
bebas.Macam-macam strategi pembelajaran, baik strategi pembelajaran sains maupun strategi pembelajaran sosial akan segera kami berikan pada artikel berikutnya.
Terima kasih anda telah membaca artikel tentang strategi-strategi pembelajaran. Semoga artikel tentang strategi-strategi pembelajaran ini dapat bermanfaat.
0 Comment to "Strategi-Strategi Pembelajaran"
Post a Comment