Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah dan Tanya Jawab)- Metode pembelajaran ceramah adalah
penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran
kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar.
Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui
ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode
ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi
pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan
metode ceramah cocok untuk digunakan dalam
pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok
untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi
dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk meninjau pelajaran yang lalu agar para murid memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang telah dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai apersepsi, selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79).
Penggunaan metode tanya jawab dapat dinilai sebagai metode yang cukup wajar dan tepat, apabila penggunaannya dipergunakan untuk:
1) Merangsang agar perhatian anak terarah pada
suatu bahan pelajaran yang sedang dibicarakan.
2) Mengarahkan proses berfikir dan pengamatan
anak didik.
3) Meninjau atau melihat penguasaan anak didik
terhadap materi/bahan yang telah diajarkan
sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan
materi berikutnya
4) Melaksanakan ulangan, evaluasi dan memberikan
selingan dalam ceramah (Zuhairini, 1993)
Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Tanya Jawab
1) Kegiatan persiapan
Merumuskan tujuan pembelajaran dan
mempersiapkan materi yang sesuai dengan tujuan harus
selalu dilakukan terebih dahulu, kemudian mempersiapkan
pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan dalam
pembelajaran.
2) Kegiatan pelaksanaan
a. Kegiatan pembukaan
Apersepsi dengan megajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi dengan megajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan inti
Mengajukan pertanyaan-pertayaan mengenai materi pelajaran.
Menggunakan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan seperti memberi acuan, pemusatan, menggilir, memberi waktu berpikir, memberi tuntunan, mengajukan pertanyaan melacak dan sebagainya.
Memberikan penguatan pada siswa yang berhasil menjawab
Memberi tuntunan bagi siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru atau siswa yang jawabanya salah atau kurang tepat.
Melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa lain.
Mengajukan pertanyaan-pertayaan mengenai materi pelajaran.
Menggunakan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan seperti memberi acuan, pemusatan, menggilir, memberi waktu berpikir, memberi tuntunan, mengajukan pertanyaan melacak dan sebagainya.
Memberikan penguatan pada siswa yang berhasil menjawab
Memberi tuntunan bagi siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru atau siswa yang jawabanya salah atau kurang tepat.
Melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa lain.
c. Kegiatan akhir
meminta siswa merangkum isi pelajaran yang dilaksanakan
evaluasi
tindak lanjut
Kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran Tanya-jawab adalah sebagai berikut.
meminta siswa merangkum isi pelajaran yang dilaksanakan
evaluasi
tindak lanjut
Kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran Tanya-jawab adalah sebagai berikut.
1) Kelebihan
metode tanya jawab adalah dapat menarik minat
siswa terhadap pelajaran, mengetahui kualitas siswa,
merangsang siswa dan menimbulkan keberanian siswa
dalam megemukakan jawaban.
2) Kelemahan
Keterbatasan metode taya jawab adalah siswa
yang tidak aktif tidak memperhatikan, guru terkadang tidak
memiliki keterampilan bertanya sehingga tujuan pelajaran
tidak tercapai, dapat membuang-buang waktu apabila
siswa tidak responsif terhadap pertanyaan.
0 Comment to "Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah dan Tanya Jawab)"
Post a Comment