Tuesday 30 June 2015

Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah dan Tanya Jawab)

Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah dan Tanya Jawab)- Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya. Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.


Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk meninjau pelajaran yang lalu agar para murid memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang telah dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai apersepsi, selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79).


Penggunaan metode tanya jawab dapat dinilai sebagai metode yang cukup wajar dan tepat, apabila penggunaannya dipergunakan untuk: 
1) Merangsang agar perhatian anak terarah pada suatu bahan pelajaran yang sedang dibicarakan. 
2) Mengarahkan proses berfikir dan pengamatan anak didik. 
3) Meninjau atau melihat penguasaan anak didik terhadap materi/bahan yang telah diajarkan sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan materi berikutnya 
4) Melaksanakan ulangan, evaluasi dan memberikan selingan dalam ceramah (Zuhairini, 1993) 

Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Tanya Jawab 
1) Kegiatan persiapan Merumuskan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan materi yang sesuai dengan tujuan harus selalu dilakukan terebih dahulu, kemudian mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan dalam pembelajaran. 
2) Kegiatan pelaksanaan 

 a. Kegiatan pembukaan
Apersepsi dengan megajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan
Menyampaikan tujuan pembelajaran 

b. Kegiatan inti
Mengajukan pertanyaan-pertayaan mengenai materi pelajaran.
Menggunakan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan seperti memberi acuan, pemusatan, menggilir, memberi waktu berpikir, memberi tuntunan, mengajukan pertanyaan melacak dan sebagainya.
Memberikan penguatan pada siswa yang berhasil menjawab
Memberi tuntunan bagi siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru atau siswa yang jawabanya salah atau kurang tepat.
Melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa lain. 

c. Kegiatan akhir
meminta siswa merangkum isi pelajaran yang dilaksanakan
evaluasi
tindak lanjut

Kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran Tanya-jawab adalah sebagai berikut. 
1) Kelebihan metode tanya jawab adalah dapat menarik minat siswa terhadap pelajaran, mengetahui kualitas siswa, merangsang siswa dan menimbulkan keberanian siswa dalam megemukakan jawaban. 2) Kelemahan Keterbatasan metode taya jawab adalah siswa yang tidak aktif tidak memperhatikan, guru terkadang tidak memiliki keterampilan bertanya sehingga tujuan pelajaran tidak tercapai, dapat membuang-buang waktu apabila siswa tidak responsif terhadap pertanyaan.

Share this

0 Comment to "Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah dan Tanya Jawab)"

Post a Comment