Monday 29 June 2015

Metode-Metode Pembelajaran

Metode-Metode Pembelajaran - Metode memiliki peran yang sangat strategis dalam mengajar. Metode berperan sebagai rambu-rambu atau “bagaimana memproses” pembelajaran sehingga dapat berjalan baik dan sistematis. Bahkan dapat dikatakan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung tanpa suatu metode. Karena itu, setiap guru dituntut menguasai berbagai metode dalam rangka memproses pembelajaran efektif, efesien, menyenangkan dan tercapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan. Secara implementatif metode pembelajaran dilaksanakan sebagai teknik, yaitu pelaksanakan apa yang sesungguhnya terjadi (dilakukan guru) untuk mencapai tujuan. Metode secara harfiah berarti “cara”.
Secara umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pendapat lain juga dijelaskan bahwa metode adalah cara atau prosedur yang dipergunakan oleh fasilitator dalam interaksi belajar dengan memperhatikan keseluruhan sistem untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan kata “mengajar” sendiri berarti memberi pelajaran (Fathurrohman dan Sutikno, 2007; 55).
Berdasarkan pandangan di atas dapat dipahami bahwa metode mengajar merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode itu sendiri merupakan salah satu sub sistem dalam sistem pembelajaran, yang tidak bisa dilepaskan begitu saja.
Metode pembelajaran dalam implementasinya memiliki prosedur atau fase-fase tertentu. Secara garis besar dalam satu proses interaksi belajar, metode pembelajaran dikelompokkan menjadi empat fase utama, yaitu fase pendahuluan, fase pembahasan, fase menghasilkan dan fase penurunan.
Banyak sekali metode-metode pembelajaran yang dapat kita jumpai dalam dunia pendidikan, metode-metode ini dapat digunakan dengan penyesuaian terhadap model pembelajaran serta strategi pembelajaran yang akan diterapkan. Kecermatan guru dan kreatifitas guru dituntut penuh dalam mengembangkan metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Pada artikel berikutnya akan coba kami informasikan terkait metode-metode pembelajaran yang ada di dunia pendidikan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dapat digunakan sebagai referensi dalam melaksankan kegiatan pembelajaran.
Terima kasih anda telah membaca artikel kami yang berjudul Metode-Metode Pembelajaran semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share this

0 Comment to "Metode-Metode Pembelajaran"

Post a Comment